Selasa, 28 Februari 2012

Pengertian Izanagi

IZANAGI

Nama : Izanagi
Kanji : イザナギ
Debut :
-Manga Chapter # 476
-Anime Naruto Shippūden Episode # 209
-Video Game Naruto Shippūden: Ultimate Ninja Impact
-Muncul dalam Anime, Manga dan Game
-Klasifikasi : Kekkei Genkai, Genjutsu, Kinjutsu, Dojutsu.
Jenis : Elemen Yin-Yang (onmyoton)
Kelas : Tambahan

Rentang : jarak pendek
Segel Tangan : Kelinci → Boar → Ram
Jutsu Induk:
* Penciptaan Semua Hal (Banbutsu Souzo)
Pengguna : Danzo Shimura, Tobi.

Keterangan :

Izanagi adalah salah satu genjutsu terhebat diantara jenis genjutsu lainnya. Ketika teknik ini diaktifkan, pengguna dapat menembus batas ruang realitas (kenyataan) dan ilusi (khayalan) untuk mengontrol keberadaannya. Walaupun teknik ini berlangsung dalam waktu yang singkat. Teknik ini mampu mengubah cedera dan bahkan kematian yang menimpa pengguna menjadi sebuah "ilusi". Setiap kali pengguna menerima cedera yang fatal ditubuhnya, dia dapat secara otomatis menghilang dan lenyap bagai ditelan ilusi dan kemudian muncul kembali tanpa adanya cacad fisik yang diderita. Teknik ini merupakan kemampuan dasar dari Sang Pertapa Rikudou yakni "Penciptaan Semua Hal" (万物 创造, Banbutsu SOZO). Proses penjelasan dari teknik ini awalnya adalah membuat sebuah ilusi menggunakan chakra "YIN" yang kemudian, menciptakan bentuk dasar dari ketiadaan menjadi kenyataan dari chakra "YANG" . Jadi semacam teknik dengan kekuatan dapat mengubah imajinasi menjadi kenyataan, dinamakan sebagai izanagi.

Izanagi hanya dapat digunakan oleh mereka yang memiliki sifat-sifat genetik dari Sage dari Enam Jalur. Klan uchiha, salah satu pewaris kemampuan dari rikudou sennin, mereka dapat melakukan teknik ini dengan sharingan. Karena menukarkan dengan kebutaan dicahaya mata mereka teknik ini dicap sebagai kinjutsu. Danzo Shimura diasumsikan dapat menggunakan teknik serupa ini dalam jangka waktu maksimal 10 menit karena memiliki sepuluh sharingan yang ditangannya. Namun, karena Danzo bukanlah anggota dari klan uchiha, secara drastis chakranya dapat menurun ketika mengaktifkan teknik ini.

Untuk melengkapi penggunaan teknik Izanagi, pengguna juga harus memiliki Sel Senju, yang juga diwariskan dari Sang pertapa rikudou. Karena danzo memiliki sel senju, dia memiliki tambahan untuk meningkatkan energi fisiknya sebagai daya tahan saat menggunakan teknik seperti ini. Tobi juga menggunakan DNA Hashirama, meskipun dia mengklaim dirinya telah menguasai teknik izanagi secara sempurna, tidak seperti Danzo.

Seperti beberapa teknik yang digunakan dengan mata sharingan Sharingan, sebut saja Tsukuyomi, amaterasu, ataupun susano'o. Nama teknik ini diambil dari salah satu Dewa Shinto dalam mitologi Jepang. Dalam hal ini, Izanagi bersama dengan adik dan istrinya, Izanami, dapat menciptakan pulau dan dewa Jepang.

Salah satu cerita yang paling terkenal tentang Izanagi ialah menceritakan kisah bagaimana dia masuk ke Yomi, tempat bawah tanah di Jepang, untuk mengambil kembali izanami setelah dia melahirkan Dewa Shinto Api, Kagutsuchi. Namun, Setelah usahanya gagal untuk mendapatkan Izanami, ia lekas mencuci dirinya di sungai. Saat ia membersihkan mata kirinya, sekejap Amaterasu lahir, kemudian secara bergantian dia membersihkan mata kanannya, Lahir Tsukuyomi, dan saat ia membersihkan hidungnya, Susanoo pun lahir.

Referensi :

1. Naruto chapter 479, halaman 4
2. Naruto chapter 479, halaman 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Komentar di sini ya ?